Soal dan Jawaban UTS Semester Ganjil Agroinformatika

Soal dan Jawaban UTS Semester Ganjil Agroinformatika
(SEMESTER I PRODI MIF)





1. Jelaskan beberapa istilah berikut?

- Agroinformatika
          Agroinformatika adalah suatu studi pertanian dengan teknologi perangkat lunak komputer sebagai penunjang atau dengan kata lain mempelajari Ilmu Pertanian dengan dibantu perangkat lunak komputer, jadi disini bahasan yang utama adalah bidang pertanian sedangkan teknologi komputer dan perangkat lunak adalah pelayannya.

- Geographic Information System
           GIS adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan) atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.

- E - Agriculture
          e-Agriculture adalah bidang yang muncul untuk meningkatkan pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan melalui proses-proses untuk akses pengetahuan dan pertukaran menggunakan informasi dan komunikasi.
- Basisdata Pertanian
          Sekumpulan dari data-data yang berhubungan dengan pertanian.

2. Apa yang anda ketahui tentang cyber marketing dan cyber shooping? Apa perbedaan keduanya?
          Cyber marketing/internet marketing merupakan pengabunggan antara teknologi internet dan pemasaran secara langsung dengan tujuan untuk menghasilkan profit sedangkan cyber shooping adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk jual beli sebuah produk.

3. Dengan adanya cyber marketing dan cyber shooping, apa dampaknya dalam bidang pertanian?
          Penyampaian informasi menjadi lebih cepat, pemasaran menjadi lebih mudah dan pelanggan bertambah karena semakin meluasnya informasi yang tersebar melalui internet.

4. Apa yang anda ketahui tentang manajemen pertanian? bagaimana meningkatkan pembangunan pertanian dengan Ilmu Manajemen Pertanian?
          Manajemen pertanian adalah bagaimana cara merencanakan suatu usahatani yang akan dilakukan, megorganisasikam tenaga kerja yang dibutuhkan, memberikan pengarahan kepada tenaga kerja tentang apa yang harus di lakukan, mengkoordinasikan hal-hal apa saja yang menjadi tantangan dalam melakukan kegiatan pertanian tersebut serta mengawasi tenaga kerja dan produksi sehingga mencapai tujuan, dalam hal ini adalah mendapatkan laba ataupun profit bagi produsen tersebut.
          Untuk peningkatan usaha tani petani harus mampu untuk memanajemen usaha yang dilakukan, dalam manajemen usaha perlu diperhatikan disni komitmen, perilaku, dan waktu suatu kegiatan usaha kerena manajemen merupakan seni yang akan membawa atau mengarahkan suatu usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan karena kekeliruan diwaktu yang lampau selama ini yang dikerjakan. Kiat-kiat dalam manajemen suatu usaha harus mengetahui fungsi dari manajemen tersebut, seperti perencanaan usaha harus diketahuiapa yang akan dikerjakan atau yang mau diperbuat, seperti caranya bagaimana, lahannya dimana ( tempat atau lokasi ), yang akan diusahakan apa, siapa pelaku atau yang akan mengerjakan ( tenaga kerja ), kapan waktunya dan berapa biaya yang akan dibutuhkan dalam usaha yang dilakukan.
 
5. Berikan suatu ide "judul pertanian" tentang pemanfaatan teknologi informasi pada bidang pertanian, bila perlu sertakan uraian ataupun diagram yang dapat menjelaskan tentang ide tersebut.

0 Response to "Soal dan Jawaban UTS Semester Ganjil Agroinformatika"

Post a Comment

Beri Komentar ya... terimakasih :)