Kehidupan Kuliah Gue


          Assalamu'alaikum Wr. Wb. Haeee lama gak jumpa :v . Karena memang saya sibuk iya sibuk dikejar dead line tugas 🤢 . Kali ini cuma mau cerita ya curhat tentang kehidupanku pas kuliah 😂 . Ceritanya blak blak aja ya gaperlu formal-formal 🤣 .


          Mulai dari awal ya (yaiyalah masa langsung the end kan cedih ea). Awalnya sebelum masuk ke Poltek alias Politeknik Negeri Jember, saya boh kok saya, gue, loh kok gue :v yaudahlah aku 😇 sekolah di SMK jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Nah langsung saja waktu itu ada informasi dari guruku kalo Poltek buka pendaftaran PMDK-PA lah kok pea? bukan pea tapi PA. Tapi bayar dan belum dijamin bakalan keterima. Yah daripada buang-buang duit yakan nunggu aja yang gratisan. Hidupku penuh dengan gratisan 😭 . Beberapa hari kemudian ada informasi bahwa Poltem buka pendaftaran PMDK-PN. Nah, ini baru gratis 😍 tapi pake tes bro. Tesnya itu ya diwawancara. Informasi tambahan, aku daftarnya juga bm gaes apa bm? bidikmisi. Bidikmisi itu program dari pemerintah untuk menggratiskan mahasiswa dalam menjalani aktivitas kuliah. Maksudnya kita kuliah gratis dan malah dibayar. Ya pas wawancara itu kan dikepoin sama pengurus penerima mahasiswa baru ya gitudeh dikepoin. Salah satu pertanyaan yang masih aku inget itu intinya nanya kayak gini :
1. Bidikmisi ya?
2. Kakaknya bidikmisi juga?
          Nah, pas itu ya jujur gw jawab iya. Pas ada kata-kata yang bikin gw terngiang terus yaitu "Wah kalo bidikmisi itu setahu saya hanya bisa dipake oleh satu orang dalam satu Keluarga. Tapi ya kita lihat aja nanti semoga bisa. Saya beritahu diawal seperti ini karena biar orangtuanya nggak kaget yaaa. Jadi, beritahu orangtua ya... . Kalo misal nggak dapet nanti bisa ada UKT tapi mungkin tidak tinggi. Jadi bisa minta keringanan." .


          Nah udahnya wawancara nunggu beberapa hari, oiya sebelumnya wawancara itu pengecekan dokumen gitu gaes. Habis itu, disurvey rumah 😱 . Napa disurvey? digrebek? nggak bray. Diperiksa rumahnya. Apakah layak untuk menerima program bm? ya begitulah. Setelah itu nunggu nunggu nunggu dan alhamdulillah akhirnya gw masuk juga ke Poltek 😆 .


          Mengenai prodi, sebelumnya aslinya pengen masuk ke D4 TIF (Teknologi Informasi), tapi setelah diberi motivasi dan wawasan oleh kakak yang baik hati ea, akhirnya gw milih D3 MIF (Manajemen Informatika). Alasan gw milih MIF ituuuuuu karenaaaaaa ya insting dan dari hati gw memilih prodi itu wkwk 😍 .
          Nah udah jadi mahasiswa ea maba cie maba. Melewati masa PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) segala macem waktu itu dilatih kedisiplinan dan kepemimpinan juga ada PBB, permainan dan lain-lain.
          Awal semester I materinya ya gitu gaes ketemu sama MTK, gue kira gaada mtk eh ketemu lagi 😪 . Kenapa? ya dari dulu saya tak suka matematika 😭 . Tapi kalo logika pemrograman saya cinta 💕 . Kalo semester I ini masih ga begitu padat jadwalnya. Palingan sibuk karena UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) tapi itupun bebas bisa kapan aja dateng ke sekret UKM tepatnya UKM Robotika ceritanya panjang. Bisa kalian lihat dipostinganku sebelumnya 😂 . Untuk mengikuti UKM banyak disini ada UKM Robotika, PSM itu paduan suara, Labaik itu banyak kegiatan Islami, English Club, olahraga, terus itu yang suka jalan-jalan refreshing, PMR, dan banyak lagi. Nanti juga ada promosi waktu pengenalan itu ke maba.
          Di kampus ada yang namanya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ini berat nih menurutku seh 😂 . Kemudian ada MPM. Lalu ada HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Nah, memasuki semester II aku mengenal lebih apa itu HMJ khususnya HMJ TI. HMJ TI merupakan salah satu organisasi yang ada di Poltek. HMJ TI bukan hanya sekedar organisasi memang bray. Disana aku benar-benar merasakan apa itu yang dinamakan kebersamaan, kerjasama, kepedulian, dan banyak hal. Berasa punya keluarga gitu.


          Kegiatan sehari-hari di kampus ya gitu, berangkat pagi pulang malam. Hampir tiap hari. Kok bisa? yabisa. Misal Senin dari jam 9 sampe jam 8 malam itu ada waktu istirahatnya jam 5 sore sampe jam 6. Belum kalo ada rapat organisasi ya sampe malem. Kenapa gak pulang? nanggung yang mau pulang. Merepotkan orangtua juga kan kasian bolak balik kampus 😂 . Gabawa sepeda sendiri? nggak. Sepeda cuma ada satu 😪 . Sepeda ontel? udahlah cape mending diem di kampus wifian gratis 😌 .


          Hari Selasa dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore. Lah itu cuma sampe sore. Iya sore tapi malemnya ada Biro SI. Sebagai pengurus harus totalitas ngurusi biro 😂 . Biro SI itu salah satu biro yang ada di HMJ TI. Kalian bisa belajar apapun mengenai TI apalagi web beuh jos. Jadinya gak pulang. Apalagi piket pengurus HMJ aku ya hari Selasa jadi jaga sekret HMJ TI. Sering banget kesana gedung TI itu bagaikan rumah gw 😂 . Waktu itu gw dikejar deadline buat laporan dikumpulkan Rabu. Selasa malem kan biro gimana dong? totalitas dong, inget komitmen awal. Tujuanku apa ya jadinya mengorbankan tugas demi biro. Karena aku percaya Tuhan tidak akan memberi ujian melebihi kemampuan hamba-Nya 😍 . Yakin aja tugas bakalan selesai dan alhamdulillah akhirnya selesai juga begadang semaleman 😏 . Hari Rabu kuliah dari jam 7 sampe jam 8 malem juga ada sela-sela waktu istirahatnya. Hari Kamis jam 7 sampe jam 5. Malemnya biro. Hari Jumat jam 9 sampe sore. Sisanya kalo ga rapat kosong kalo ga gitu ya nugas/wifian dulu refreshing berdiam diri di TI 😂 . Sabtunya libur ngapain? ya di rumah aja. Kalo ga ya ke poltek palingan rapat. Rapat mulu gacape? nggak, kan suka mencari kesibukan selagi masih muda 😌 . Malemnya kadang ada Tamu Poltek. Itu acara kayak pameran apa ya, kayak pasar malem gitu banyak yang jualan, kadang ada komunitas pecinta hewan juga. Anak bm wajib soalnya ikutan pada tanggal yang ditentukan si. Tergantung biasanya angkatan berapa gitu. Ada masanya. Minggu? libur tidur di rumah 🤣 . Maen? iya kalo gaada tugas.


          Kehidupan kuliah ini memang beda gaes dari sekolah. Maksudnya masa-.asa kuliah ini memang bebas. Nyantai? gak juga. Cuma rasanya memang beda nggak kayak sekolah. Tergantung kalian kalo mau kuliah menjalaninya gimana.


          Oiya mo cerita juga, suatu hari aku bela-belain gamasuk kuliah ijin cuma gara-gara mo ke Surabaya minjem laptop ke temen. Kok nggak ke keluarga/temen? gabisa udah, keputusan udah bulat 🤢 . Perjuangan bro ke Surabaya cuma buat minjem laptop buat kuliah. Gabeli? biayanya 😂 . Kalo gak gitu ya gimana tugas-tugas gw? Kakak juga pas itu mau pkl ke Malang jadinya gabisa gantian laptop. Keluarga juga udah diusahain. Ke temen? udaaah. Di kampus memang ada banyak komputer di lab tapi kan terbatas penggunaannya, lo kira kita doang yang pake? nggak kale 🤣 . Kating juga pake. Yaudah akhirnya ke Surabaya. Aslinya mau masuk tapi nyampe ke Jembernya jam 9 lebih bahkan jam 10an kalo gak salah. Masuk kuliahnya jam 9 sampe jam 11. Pas ngehubungi ketua kelas, belum ada dosen pas jam 10nya itu ada yauda gamasuk. Ngirim suratnya jadinya telat juga. Ternyata absen di Alpa jadi ngurusi dan fix selesai.
          Gimana rasanya dikejar deadline? ya gitu. Dag dig dug gak karuan tapi keyakinan ini tetep teguh yakin bahwa aku bisa selesein. Ya akhirnya juga selesai juga. Usaha begadang melek merem sampe mau Shubuh 😂 . Kayak kemaren kemaren ini contohnya dikejar deadline buat laporan dari puluhan video buanyak 🤢 . Lega dah udah selese sekarang mau UTS. Do'ain ya semoga lancar 😂 . Intinya kalo kuliah itu santai tapi serius. Maen? silahkan gaada yang ngelarang. Ajak dosennya main juga gaes wkwk. Di kampus juga kadang ada turnamen Dota dan ML. Cuma gaikut karena squadku jauh beda tempat gitu. Juga tempuk sama waktu rapat jadi gabisa ikutan. Manfaatkan masa-masa kuliah ini dengan kegiatan yang berfaedah gaes. Ganbatte! . Oiya, ada studi exchange prodi MIF ke China, prodi TIF ke Korea, setahun saya si itu. Ayo kalian kapan nyusul? 😂 .


          Oiya ada pesan dari dosenku kalo kita sebagai mahasiswa itu, kuliah jangan dibuat berat. Tugas? ya tetap dikerjakan tapi hobi tetep jalan misal ngegame ya ngegame aja. Jangan karena sekarang kuliah jarang maen, jarang bantu orangtua, jarang bantu adek. Kuliah ya biasa biasa aja. Kalo adek minta ajarin ya ajarin. Kalo kalian mikir kuliah itu berat, kalian gaakan dapetin masa-masa kuliah ini. Ya? mumpung masih muda. Walaupun mata kuliahnya banyak kalian wajib pilih salah satu mata kuliah yang paling kalian sukai. Misal pemrograman. Ya kalian fokus aja disitu. Itupun gak harus pinter ke semua bahasa pemrograman. Misal PHP ya fokus ke PHP saja. Tapi kalian bener-bener tekuni itu. Kalo bisa semua mata kuliah ya bagus. Tapi yang penting wajib menguasai satu diantar sekian banyak mata kuliah.
         Nah yaaaaa begitulah, sekian curhatan saya, mohon maaf apabila ada salah kata 😂 . Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 🙏🏻 .

0 Response to "Kehidupan Kuliah Gue"

Posting Komentar

Beri Komentar ya... terimakasih :)