GEMASTIK 11

          Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sudah tau belom apa itu GEMASTIK?

          GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Pada tahun 2018 ini, GEMASTIK akan digelar untuk ke-11 kalinya. Pagelaran ini bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai Panitia GEMASTIK. Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai penyelenggara GEMASTIK pada tahun 2018 ini adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Melalui GEMASTIK, kemampuan TIK para mahasiswa akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif. Para mahasiswa diharapkan mampu terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya di dalam pengembangan TIK demi kemajuan SDM bangsa Indonesia. Dari tahun ke tahun, tingkat kompetitif di dalam GEMASTIK semakin meningkat. Pada tahun 2017 tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah terdaftar pada 10 kategori lomba GEMASTIK.

          Kegiatan utama GEMASTIK 11 adalah perlombaan. Disamping kegiatan utama, ada kegiatan lain seperti seminar TIK, sarasehan pimpinan bidang kemahasiswaan Perguruan Tinggi, pentas budaya dan kesenian di babak final, dan pameran hasil karya dan finalis GEMASTIK 11 dalam bentuk poster. Ada sepuluh kategori lomba bidang TIK yang dilombakan meliputi Animasi, Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi, Kota Cerdas (Smart City), Pemrograman, Penambangan Data (Data Mining), Pengembangan Aplikasi Permainan (Games Development), Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT.

           Sebagai catatan, dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu, kategori 10 berganti nama dengan menyematkan tambahan kata IoT secara eksplisit pada akhir frasa. Selanjutnya, guna memperluas ranah, kategori 4 (Kota Cerdas) menggantikan kategori e-Pemerintahan. 


          Logo Gemastik 11 adalah Bambu Runcing TIK yang melambangkan Kota Surabaya sebagai kota pahlawan dengan relief yang dari kiri ke kanan menyiratkan komponen utama Teknologi Informasi dan Komunikasi: hardware, brainware, dan software.

          Terdapat berbagai macam kategori lomba dalam GEMASTIK 11 ini yaitu :
  1. Animasi
              Animasi merupakan sebuah lomba karya cipta dalam bentuk visualiasi 2D maupun 3D yang mengandung unsur kreativitas dan inovasi.

  2. Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
              Desain Pengalaman Pengguna (UX) merupakan desain interaksi produk yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna.

  3. Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi
              Bertujuan untuk mencari kelemahan dalam suatu sistem yang telah dirancang untuk memiliki celah atau informasi tertentu.

  4. Pemrograman
              Pemrograman untuk menguji kemampuan dan nalar dari setiap peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan.

  5. Pengembangan Data (Data Mining)
              Melakukan proses Penambangan Data terhadap Big Data yang tersedia secara publik di web serta sudah terverifikasi.

  6. Pengembangan Aplikasi Permainan (Games Development)
              Menciptakan suatu aplikasi permainan yang memperlihatkan sisi pendidikan, mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus mengandung entertainment value.

  7. Pengembangan Bisnis TIK
              Merupakan kompetisi dalam hal ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk Teknologi Iinformasi dan Komunikasi, baik berupa jasa dan produk.

  8. Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
              Pengembangan perangkat lunak menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan ide kreatif untuk memberikan solusi penyelesaian masalah di Indonesia dalam bentuk perangkat lunak berkualitas tinggi.

  9. Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT
              Bertujuan untuk menggabungkan konsep Piranti Cerdas dan Sistem Benam sehingga akan tercipta sebuah sistem kompleks memiliki kualitas yang baik.

  10. Kota Cerdas (Smart City)
              Smart City adalah sebuah konsep mengenai kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai kegiatan masyarakat.

          Sumber : http://gemastik.its.ac.id
          Sekian dari saya, wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 Response to "GEMASTIK 11"

Post a Comment

Beri Komentar ya... terimakasih :)