Pengalaman Berorganisasi HMJ TI


          Assalamu'alaikum Wr. Wb. Lama tidak jumpa heheh. Saat ini lagi UTS wkekek tapi hari ini libur karena gaada jadwal huehehe. Kali ini cuma mau sharing sharing aja. Gimana sih ikut organisasi itu? penting nggak sih? gimana sama tugas kuliah?

          Oke dari awal dulu ya huehehe.

          Awalnya dulu itu aku pengen banget jadi pengurus di salah satu Biro yang ada di HMJ TI yaitu Biro Sistem Informasi. Kenapa? karena demen banget sama yang namanya ngoding jadi betah kalo ngoding. Apalagi ngajarin temen-temen juga udah biasa (bukan untuk berniat sombong yah hehe). Maka dari itu nanya ke salah satu pengurus Biro SI, kalo mau jadi pengurus apakah harus menjadi anggota HMJ TI terlebih dahulu? kata beliau iya, karena semua apa saja yang ada di Biro itu dibawah naungan HMJ TI. Makanya aku jadi ikut diacara oprec pengurus HMJ TI 2018.

          Alurnya dulu itu mengumpulkan berkas, setelah pengumpulan berkas beberapa hari kemudian ada pengumuman lolos seleksi berkas. Lanjut ke tahap karantina. Nah ditahap karantina ini, calon anggota HMJ TI yang baru diarahkan masuk ke sebuah ruangan dan ini acaranya malem gaes, usai kuliah malam. Sebelum masuk ruangan dikasih permen tapi dapet pesan "Dijaga ya" kalau gak salah gitu deh pokoknya. Waktu masuk ruangan dikasih arahan gitu deh. Habis itu pindah ruangan ke ruangan yang lebih luas. Dikasih arahan lagi ya gitu deh :v . Terus... disuruh buat tim 4 sampai 5 orang kalo ga salah inget. Habis nemu tim, kita setiap timnya disuruh nyari pembimbing. Nyari di lantai mana aja yang penting satu pembimbing itu jatahnya 2 tim seingatku. Kebetulan aku di lantai 1 dan pembimbingnya Mas ***** :3 . Nah disitu kita dikasih sebuah permasalahan dimana kita mempunyai peran masing-masing dalam setiap tim dan perorang. Tiap tim itu debat gaes. Wah kalo masalah debat aku memang kurang jago wkwk debat seadanya jadinya wkwk karena pribadi gasuka debat apalagi permasalahannya waktu itu tentang penggusuran lahan desa atas program pemerintah jadi ceritanya itu ada nego antar pemerintah dengan pihak warga gitu. Ada yang berperan sebagai mahasiswa, relawan, warga, dan lain-lain. Setelah lama debat selesai sudah.

          Kembalilah semua tim ke ruangan asal yang agak luas itu tadi. Setelah kumpul semua, ditanyain semuanya gaes. Permennya itu :v . Nah, yang permennya hilang ataupun udah kemakan disuruh maju gaes :O . Ya ditanyain gitulah, kenapa kok sampai hilang? padahal pesennya tadikan disuruh jaga. Blablabla terus ditanyain sama demisioner (istilah calon mantan anggota ang udah mau pensiun HMJ TI :v ) . Ada yang bela gaes dari pihak kami yang permennya ga ilang, untung permenku ga ilang gaes :v . Sampe larut malam selesai deh. Pulang.

          Setelah beberapa hari, keluarlah pengumuman lolos tahap karantina. Selanjutnya kita ke tahap wawancara gaes :v . Disini aku agak grogi-grogi gimana geto eaaaa. Tiap calon anggota HMJ TI masuk ke sebuah ruangan dimana didalam ruangan tersebut ada beberapa demisioner :O . Aku masuk ruangan gaes (oiya jangan lupa salam dulu ya gaes, dan kalo mau duduk itu izin dulu). Setelah duduk, mukanya pada gaenak gitu gaes (maapkan saya ya kaka ini fakta dan hanya untuk sharing _/\_ :D peace ) agak serem-serem gimana geto horrot eh :v . Tapi karena beberapa udah kenal sama aku gaes jadinya aku ga terlalu takut heheh :v . Disini wawancaranya ya ditanyain, perkenalan dulu. Terus disuruh nyebutin 5 kelebihan dan kelemahan. Oiya terus ditanyain pernah ikut organisasi atau belum? aku jawab belum. Habis itu ditanyain milih mana aqua gelas (ada airnya) atau aqua botol (gaada airnya) ? pas aku milih aqua gelas itu dibilangin gimana kalo airnya ini beracun? ya bingung aku gaes, pas milih aqua botol ini gampang roboh loh wkwk makin bingung gaes karena aku memang labil. Pas milih aqua gelas lagi aku bilangnya itu belum tentu karena gaaada bukti, nyolot dengan polosnyah ( IPEH FACE :3 ) . Lalu ditanyain mau masuk divisi/bagian apa? Biro Si kan nah itu jelasin tujuannya apa dan alasannya. Habis itu ditanyain lagi, kalo ditaruh dibagian lain gimana? ya aku terima karena aku juga belajar berorganisasi hehe. Setelah lama sekitar -+10menitan lah didalem ruangan itu selesai sudah introgasinya gaes wkwk.

          Pengumuman lagi muncul gaes dan alhamdulillah keterima hueheheh sebagai anggota Biro SI hueheheh impianku tercapai gaes wkwk.


           Setelah terpilih, diadakanlah acara LDK(Latihan Dasar Kepemimpinan).


           Disini kita belajar banyak banget gaes intinya kita itu seneng-seneng tapi juga serius. Contohnya nih jaga es batu(kebetulan aku jadi ketua ya jaganya double deh kacang ijo, telur). Es batunya kan cair gaes, walaupun masih utuh huhu kena deh aku. Terus lomba ikut permainan gitu lawan tim lain, ngisi air ke paralon yang berlubang kecil-kecil sampe seberapa gitu. Bersih-bersih, dan sesi terakhir ini yang paling aku gaes wkwk :v . Membuat jembatan untuk memberikan bendera HMJ TI ke calon Kahim dan Wakahim gaes. Nah, jembatannya itu pake seluruh apa aja pokok anggota tubuh calon anggota HMJ TI bisa tangan, badan, kaki. Nah, aku ibarat putri gaes, aku yang jalan ngasih benderanya ditemenin pangeran wkwk dituntun jalan geto. Usai itu selesai ya terharulah calon Kahim dan Wakahim. Setelah itu, kumpul dan evaluasi gitu. Selesai deh.

          Dalam organisasi ini memang kita disibukkan dengan berbagai proker(program kerja) yang ada, tapi buktinya aku bisa tuh ngatur waktu dan jalanin. Semua tergantung dengan niat gaes. Masalah tugas kuliah itu bisa kok dikelarin. Memang sibuk banget ikut organisasi sering pulang malem apalagi kalo rapat hehe. Udah biasa gaes, mondar mandir kampus kadang hampir seharian pun. Hanya saja yang perlu diingat disini prioritas tetep kuliah, tapi kalo hanya kuliah dimasa muda juga sia-sia. Maka, gunakan waktu sebaik mungkin hoho. Disini aku benar-benar belajar bagaimana bertanggung jawab, memimpin, mengatur waktu, terutama bergaul huehehe gak kayak dulu, sekarang udah mendingan apalagi banyak dikenal maba malahan wkwk. Buanyak banget deh pokoknya manfaat ikut organisasi itu... . Semua bakalan teratur pada waktunya ea... . Maksudnya disini kita bisa belajar apapun itu tentang kehidupan kuliah yang sebenarnya.

 

          Sekian dulu ya gaes mau ngerjakan project lain soalnya wkwk. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 Response to "Pengalaman Berorganisasi HMJ TI"

Post a Comment

Beri Komentar ya... terimakasih :)